Tutorial Repair EMMC Smartphone Oppo R831K

FIXER.ID – Selama ini kita sering mendengar kerusakan eMMC pada smartphone. eMMC adalah singkatan dari embedded MultiMediaCard yang merupakan komponen MMC yang terpasang di board smartphone yang berisi flash memory plus controller .

Kerusakan pada eMMC smartphone biasanya ditandai dengan perangkat bootloop atau mati total. Namun jika kita tes menggunakan power supply, arus naik sekitar 0.4 A atau pada beberapa perangkat hanya ditandai dengan getar. Pada saat bootloop, seringkali kita mencoba untuk untuk melakukan “factory reset” untuk mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik/pengaturan awal. Namun pada saat melakukan hal tersebut selalu gagal, maka kemungkinan besar adalah eMMC pada smartphone kita telah bermasalah, selain itu juga ditandai dengan :

  • Muncul tulisan “sayangnya aplikasi telah berhenti” atau “Unfortunately application has stop”.
  • Sering hang dan restart.
  • Install aplikasi gagal.
  • Internal memory corrupt atau berkurang.
  • Upgrade gagal.
  • Saat di flash ulang muncul pesan “BROM ERROR”.

Perbaikan eMMC biasanya menggunakan box flasher. Box flasher yang sering digunakan oleh teknisi biasanya memakai JTAG atau dengan UFI box. Untuk perbaikannya terdapat dua cara yaitu dengan direct eMMC dan dengan menggantinya dengan eMMC baru yang sudah terlebih dahulu kita isikan file yang biasanya kita sebut sebagai “dump file”.

Direct eMMC adalah cara melakukan flashing ulang pada eMMC dengan menggunakan dump file namun tanpa harus mengangkat IC eMMC dari pcb board smartphone. Hal ini merupakan hal pertama yang biasanya kita lakukan terutama jika IC eMMC yang kita perlukan tidak ada atau sulit didapat. Namun cara ini memiliki kelemahan, karena jika ternyata IC eMMC yang memang telah rusak terutama di bagian controller maka perangkat hanya bisa bertahan dalam hitungan hari dan akan kembali rusak.

Cara direct eMMC adalah dengan melakukan bypass atau direct ke kaki-kaki IC eMMC melalui jalurnya. Kali ini kita akan menggunakan UFI box untuk melakukan hal tersebut.

Seperti pada contoh gambar dibawah ini yang merupakan pinout direct eMMC untuk Oppo r831k. Kaki-kaki yang kita perlukan adalah kaki untuk CLK, CMD, DAT0, VCC, VCCQ dan Ground. Untuk itu yang harus kita lakukan adalah memasang kawat jumper di titik-titik komponen yang merupakan jalur dari kaki-kaki IC eMMC.

Setelah melakukan pemasangan kawat jumper di komponen maka kawat-kawat tersebut kita sambungkan ke socket adapter dan sesuaikan kaki-kaki pada board dengan kaki-kaki pada adapter. Selanjutnya jika telah tersambung dengan baik, kita koneksikan adapter tersebut ke UFI box dan kita lakukan flashing dengan menggunakan dump file.

Jika kita sudah melakukan direct eMMC namun perangkat tetap tidak menyala normal maka hal terakhir yang harus kita lakukan adalah dengan mengganti IC eMMC dengan yang baru. Angkat IC eMMC lama dari pcb board smartphone, kemudian isi IC eMMC baru dengan dump file menggunakan UFI box. Untuk download File Dumpnya silahkan klik disini karna kami juga menyediakan File Dump EMMC Lengkap Support UFI. Jika sudah terisi, maka kita pasangkan IC eMMC yang baru tersebut ke pcb board perangkat.

Demikianlah cara memperbaiki IC eMMC pada perangkat smartphone jenis Android dan semoga artikel ini bermanfaat.

Bagikan :

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *